Saturday, August 15, 2009

25 Sifat Universal Para Pemimpin Besar

1. Bersemangat

*keberhasilan itu adalah hasil dari kegagalan demi kegagalan tanpa kehilangan semangat
*dalam kehidupan ini, kita memperoleh potongan-potongan informasi yg ternyata sangat relevan
*”ENTHUSIASM IS CONTAGIOUS” = “SEMANGAT ITU MENULAR”
*semangat itu memang benar-benar membawa perubahan
*sebagai seorang pemimpin, jika anda penuh gairah, anda akan menarik orang-orang laksana sebuah magnet. Orang akan selalu ingin kembali untuk menghabiskan lebih banyak waktu bersama anda
*strategi bila kita ingin mempertahankan semangat dalam menjalankan aktifitas, maka tanamkan dan berlakukan setiap aktifitas yang kita lakukan itu seolah-olah adalah aktifitas yang pertama dan terakhir
*kunci sesungguhnya untuk menuju ke kepemimpinan besar adalah melihara antusiame “pertama kali”

2. Memperluas Cakrawala

*pemimpin-pemimpin terbaik selalu memiliki komitmen u/ melakukan pengembangan pribadi secara terus menerus dalam kehidupannya
*dg berkembangnya TV, membuat orang lebih menjadi wadah menampung ketimbang menjadi innovator, jarang sekali saat ini seorang ramaja melancarkan pertanyaan bertubi-tubi guna memperoleh pengetahuan yg lebih mendalam
*seorang wanita di California menyuruh anak-anaknya u/ menklip peristiwa-peristiwa dunia dari Koran dan kemudian mendiskusikannya dg seluruh anggota keluarga, hal ini menanamkan rasa dahaga akan belajar dan juga peluang u/ memperluas wawasan
*para pemimpin yg baik tidak henti-hentinya belajar, tumbuh dan berkembang, mereka juga memberi kesempatan dan dorongan kepada orang lain u/ melakukan hal tsb

3. Keranjingan Membaca

*pemimpin-pemimpin terbaik gemar membaca, banyak diantaranya mengenai hal-hal diluar bidang keahlian atau lingkup pengetahuannya
*TV meniadakan kreatifitas seseorang, penelitian menunjukan bahwa sisi kanan dari otak, otak kreatif anda, jauh lebih aktif apabila anda membaca buku dibanding apabila anda menonton TV
*”para pemimpin besar tak dapat hidup tanpa buku”

4. Pencatat yg Telaten

*pena yg pendek itu lebih baik daripada ingatan yg panjang
*pemimpin-pemimpin terbaik selalu membawa buku catatan di saku, kemeja atau dompet
*mencatat itu tidak hanya berarti mengingat, tetapi juga bertindak
*Rochard Branson mencatat segala-galanya, jadi para karyawan tidak saja menghargai atensinya, hal ini menanamkan rasa percara diri pada mereka bahwa hal-hal akan segera ditangani

5. Tetapkan Standar Komunikasi Tinggi dan Praktekkan

*komunikasi termasuk kemampuan berbicara; menulis; menyimak dg penuh atensi; bahasa tubuh; kemampuan menjawab surat & telepon dg cepat
*ketika kita berbicara kita tidak bisa belajar
*yg membedakan pemimpin besar dg yg lainnya adalah mereka sungguh-sungguh mempelajari seni menyimak
*seseorang dipandang orang apabila ia jarang membuka mulut, selain bertanya dan menyimak dg penuh minat
*mulailah segala sesuatu dg senyum, senyum itu menimbulkan perasaan tenteram pada banyak orang
*satu seni yang hilang dalam kemunikasi adalah kemampuan u/ bertanya pertanyaan-pertanyaan yg terus mengembangkan informasi yg anda terima dlm percakapan
*kemampuan bertanya adalah kemampuan yg paling dihargai oleh orang lain, karena hal ini menunjukan bahwa dia benar-benar menyimak, berminat dan menghargai pikiran-pikiran & partisipasi mereka
*komunikasi tertulis oleh para pemimpin yang baik selalu jelas, efektif dan tepat waktu
*hal yg anda harus pelajari adalah seni mengucapkan terima kasih, secara pribadi atau melalui surat

6. Bukan Main Adaptabelnya

*belajar itu sama dg berubah
*salah satu yg membuat rasa aman sesungguhnya yg kita miliki adalah kepastian bahwa kita memiliki bekal u/ mengatasi apa saja yg terjadi
*para pemimpin besar yakin akan memampuan mereka u/ menangani apa saja yg terjadi, mereka adaptable, mampu berubah atau menyesuaikan diri dg situasi-situasi baru tanpa banyak kesulitan
*para pemimpin besar sering merupakan “agen perubah” atau orang yg bertanggung jawab untuk merubah lintasan atau arah yg hendak dituju. Mereka harus mengatasi perubahan-perubahan yg terjadi bukan karena pilihan mereka tapi justru karena dipaksakan kepada diri mereka oleh berbagai situasi. Apabila anda memimpin orang-orang, anda harus siap u/ menjadi adaptable

7. Memaksimalkan Waktu

*penelitian di amerika menemukan jika anda berusia 72 th anda telah menghabiskan 6 tahun kehidupan anda u/ mengantri, jadi gunakanlah waktu mengantri tsb dg membaca atau melakukan aktifitas yg berguna lainnya
*tubuh & pikiran, khususnya, memelukan waktu u/ mencipta ulang atau rekreasi
*”power nap”/tidur siang : 15-20 menit dapat mengatasi rasa ngantuk dan memulihkan kesigapan yg lebih efektif dari pada meminum kopi/caffeine, secara statistik kinerja kita meningkat secara dramatis & menghindari keanjlokan energi, asalkan jangan tidur terlalu lama
*hal yg pernting adalah “waktu bermimpi” = melakukan refleksi, berileksasi, bermimpi
*salah satu masalah saat ini adalah banyak orang yg tidak memiliki waktu u/ bermimpi hal ini sangat bermanfaat bagi kita u/ mengkaji kebutuhan-kebutuhan mendatang
*memaksimalkan waktu, membuat diri menjadi sigap. Terfokus dan produktif

8. Visionaris

*kepemimpinan yg baik itu artinya mengetahui seberapa banyak dari masa yg akan datang boleh diperkenalkan kepada masa kini
*masa yg akan datang selalu menjadi milik orang-orang yg melihat kemungkinan-kemungkinan jauh sebelum mereka menjadi kenyataan. Orang-orang ini mempunyai visi mengenai sesuatu yg dapat menjadi kenyataan, dan kemudian berusaha membuatnya menjadi kenyataan
*pemain hoki terkenal berkata “kebanyakan pemain berlari ke tempat di mana bola itu berada, saya berlari ke tempat dimana bola itu akan berada”
*para pemimpin besar berpikir melampaui batasan-batasan mereka, mereka tidak pernah puas dg tingkat kinerja mereka sekarang
*untuk menjadi visioner, pertama anda harus keranjingan membaca, karena membuat anda menjadi kreatif
*apa-apa yg terjadi dimasa yg akan datang itu tidak bisa diketahui, kita menandangnya sbg suatu ketidakpastian yg amat besar, namun pemimpin besar mampu berantisipasi dan mampu mengendalikan masa depan mereka

9. Rasa Aman

*para pemimpin besar membuat orang-orang lebih memikirkan diri mereka sendiri, ketimbang lebih memikirkan sang pemimpin
*para pemimpin menumbuhkan rasa percaya diri, mereka membuat anda melihat bahwa tidak ada kemacetan lalu lintas di jalur yg ada dihadapan anda, dan u/ membangun rasa percaya diri pada orang lain, anda sendiri harus memiliki rasa percaya diri dan rasa aman
*orang-orang yg merasa aman menyemangati orang lain dan mereka senang dg keberhasilan kawan-kawan, keluarga dan karyawan mereka
*orang yg merasa aman mampu mengelilingi diri mereka dg orang-orang yg lebih qualified dari pada mereka sendiri

10. Tegarlah bila menghadapi tekanan

*tekanan itu adalah sebuah frivilase, ia hanya akan datang kepada orang-orang yg sudah memperoleh privilase itu.
*kritikan adalah suatu harga yg harus dibayar karena keberhasilan. Kalau anda tidak mengalami kritikan-kritikan, anda biasanya tidak banyak mencapai keberhasilan
*salah satu tantangan terbesar yg dihadapi orang-orang dlm karier mereka adalah kemampuan mengatasi tekanan yg menyertai keberhasilannya
*para pemimpin besar menyikapi tekanan dg baik, mereka tegas, tumbuh subur di tengah-tengah tantangan dan menyukain persaingan.
*seorang pemimpin yang merasa aman dan menaruh keyakinan atas dirinya mampu berdiri diluar tekanan tersebut dan melakukan apa yg diyakininya adalah benar ketimbang apa yg menjadi desakan, atau apa yang menguntungkan

11. Disiplin Diri

*tanpa disiplin diri, hidup ini simpang siur
*para mpemimpin yg baik memiliki kemampuan luar biasa u/ memulai sesuatu atas prakarsanya sendiri
*orang-orang yg memiliki disiplin diri mampu mengambil inisiatif dan mereka mampu membuat suatu komitmen kpd semua fase kehidupan mereka
*orang-orang yg berdisiplin diri adalah orang yg kakinya telah menyentuh lantai begitu alarm berbunyi
*orang yg berdisiplin diri adalah orang-orang yg sudah berhasil menaklukan penyakit menunda
*anda bisa mengandalkan orang yang memiliki disiplin diri
*bila anda adalah seorang pemimpin pilihlah orang-orang yg memiliki rasa disiplin diri tinggi

12. Buatlah Banyak Kesalahan, Tapi Jangan Diulangi

*kalau anda tidak membuat kesalahan, anda tidak membuat keputusan
*kesalahan adalah harga yg harus anda bayar u/ suatu kemajuan
*pemimpin besar tidak cemas dg kesalahan-kesalahan yg mereka buat, mereka justru belajar dari keslahan-kesalahan itu
*anda bisa menang hari ini kalau anda tahu mengapa anda kalah kemarin
*para pemimpin besar membuat banyak kesalahan, hanya satu kali
*pemimpin besar adalah para pembuka jalan, mereka adalah penggemar eksperimen. Mereka nekat dan oleh karena itu mau tak mau mereka pun membuat banyak kesalahan. Otang seperti ini berani melakukan hal-hal yg tidak berani dilakukan orang lain

13. Berjiwa Tenang

*salah satu unsur utama seorang pemimpin besar adalah konsistensi
*suasana hati yg tidak enak sungguh-sungguh merusak iklim usaha atau hubungan
*orang-orang menghargai seseorang yang ketenangannya konsisten, ketenagan memungkinkan orang-orang u/ menjaga agar hal-hal tetap berada dalam perspektif dan melihat apa yg sebenarnya penting dalam situasi tertentu
*para karyawan bisa menrasa nyaman u/ bertanya, membuat kesalahan, belajar dan bertumbuh

14. Rendah Hati

*orang-orang yg memiliki kerendahan hati tidak berfikir bawah diri mereka itu kekurangan, mereka hanya kurang memikirkan diri mereka sendiri
*pemimpin yang memiliki kerendahan hati tidak memandang diri merka lebih tinggi dari pada orang lain, mereka memahami ungkapan “tidak ada yg namanya tugas picisan, yg ada hanya sikap picisan”
*kerendahan hati adalah bagian terbesar dari gambar besar yang disebut sikap, kerendahan hati adalah permata mahkota dari semua kualitas karakter anda

15. Teladan

*para karyawan berharap pemimpin mereka memberi contoh, teladan artinya menjadi guru melaui contoh
*seorang pemimpin yg baik adalah seseorang yg contoh-contoh darinya memberikan kereladanan u/ ditiru dan menciptakan lingkungan yg baik
*seorang pemimpin yang patut dipercayai adalah seorang yang bekerja sama uletnya, atau bahkan lebih ulet daripada yg lain
*jam kantor tak ada artinya bagi sang teladan
*seorang pemimpin yg besar adalah orang yg sederhana, dan dapat ditemui setiap saat oleh para karyawan dan pelanggan. Tindakannya mempunyai keteguhan dalam menganut keyakinan bahwa pelanggan itu sesungguhnya orang terpenting dalam perusahaan, mereka mendatangi tempat-tempat pelanggan secara teratur, bertemu dg para karyawan dan pelanggan, dan berhubungan dekat dg orang-orang yg dapat menjadikan usahanya berhasil maupun yang dapat menjadikan usahanya jatuh
*para pemimpin yg baik adalah teladan-teladan sejati yg tidak mengirimkan sinyal-sinyal yg simpang siur
*jangan meremehkan kekuatan mengajar melalui contoh

16. Gunakan Disipilin Secara Bijaksana

*disiplin adalah tindak mengajar hal-hal yg penting dalam kehidupan, tanpa disiplin terjadilah kekacauan
*disiplin berasal dari latin “disciplina” yg artinya pengajaran atau pelatihan, dan ia adalah sesuatu yg positif dan diperlukan apabila digunakan secara bijaksana dan telaten
*disiplin harus diterapkan secara wajar-wajar saja, tidak emosional, dan seimbang dg menggunakan penguatan-penguatan positif agar upaya-upaya dan hasil-hasil menjadi baik
*mendisiplinkan seseorang berarti anda memberinya sedikit ruangan dan waktu u/ menangani bidang kegiatan yg anda persoalkan

17. Perlakukan Setiap Orang dg Penghormatan yg Sama

*”setiap orang bisa bersikap sopan kepada seorang raja, tetapi hanya seorang lelaki terhormat yg bisa bersikap sopan kepada seorang pengemis”
*para pemimpin besar memandang si wakil presiden eksekutif dan si pesuruh kantor sebagai setara
*kita sering memperlakukan orang-orang menurut pangkat atau gelar yg tercantum pada kartu nama mereka, dan itu “salah”
*setiap orang itu penting dan harus dipandang demikian
*setiap pemimipin terbaik memperlakukan setiap orang dg rasa hormat yg setara

18. Guru-guru yg baik

*”guru-guru terbaik memberi sang siswa suatu pemahaman dan waktu u/ menikmatinya”
*guru-guru yg baik tidak hanya memiliki penguasaan yg mantab atas mata pelajaran yg diajarkan. Mereka bisa menyelaraskan diri dg panjang gelombang orang lain dan membantunya belajar dan memahami mata pelajaran itu. Mereka juga memberi wkatu kepada siswa u/ memantabkan apa yg telah mereka pelajari waktu u/ menikmatinya, menjajaginya dan menjadikannya milik mereka sendiri
*guru-guru yg baik lebih banyak menunjuk ketimbang berkata
*guru-guru yg baik merasa girang setulusnya kalau muridnya belajar. Dan guru-guru terbaik bukan main gembiranya kalau mereka diungguli oleh murid-murid mereka
*guru-guru yg baik dalam pengajaran mereka, berkonsentrasi pada pengembangan pribadi dan professional. Melalui informasi, inspirasi dan contoh, mereka berupaya u/ mengembangkan potensi dalam setiap orang. Mereka bukan dictator, tetapi penggembira yang menyemangati anda u/ mencapai kemampuan terbaik anda

19. Opportunistis

*”jadilah seorang possibilitarian. Tak perduli betapa gelapnya hal-hal itu tampaknya atau sesungguhnya, belalakanlah mata-mata anda dan lihatlah kemungkinan-kemungkinannya, selalu lihat mereka”
*hampir setiap situasi dalam kehidupan ini adalh sebuah peluang, namun yg membedakan adalah cara bagaimana kita mengandung situasi itu
*kunci untuk menjadi seorang opportunis adalah berusaha meligat setiap hari itu sebahai suatu peluang dan berusaha mencari-cari paluang itu
*peluang-peluang itu ada disitu, apakah anda melihatnya ?

20. Positif

*”kebanyakan orang menempuh kehidupan ini dg menunjuk-nunjuk kepada rumput liar sementara yang diinjak justru bunganya”
*sebagai orang yg selalu melihat sisi positif daru hal-hal, saya sungguh-sungguh yakin bahwa saya bisa mengambil orang negatif dan membantu mereka menjadi positif
*para pemimpin besar adalah orang-orang yg positif, mereka tidak menyalahkan orang-orang lain dan siap dipersalahkan. Mereka tidak mengeluh; mereka menemukan solusi
*para pemimpin yg menonjol tidak pernah menyimpan rasa dendam
*banyak sekali orang yg memikul beban emosional dendam masa lampau, para pemimpin terbaik mampu melepaskan negatifitas itu
*”jangan biarkan apa yg tidak dapat anda lakukan mengganggu apa yg dapat anda lakukan”, dia memusatkan perhatian pada hal-hal yg positif baik dalam latihan maupun dalam pertandingan, dia tidak berbicara tentang kemenangan, tetapi berkonsentrasi pada intensitas, usaha keras dan berbuat yg terbaik

21. Empatitis

*jadilah pengikut lebih dahulu dan barulah kemudian menjadi pemimpin, dg menjadi seorang pengikut terlebih dahulu, kita lebih siap untuk menjadi pemimpin-pemimpin yg baik, bila tiba waktunya
*sulit untuk meminta pasukan anda mengikuti anda kalau anda sendiri belum pernah masuk ke dalam parit-parit perlindungan
*empati bisa muncul kalu kita bertanya, benar-benar menyimak dan berusaha melihat dan merasakan apa yg dilihat dan dirasakan orang lain, para pemimpin yang baik melakukan hal ini

22. Patut Dipercaya dan Siap Mempercayai

*kepercayaan adalah kerentanan yg diperkenankan
*kepercayaan thd falsafah ”kalau anda mempercayai saya, saya tidak akan mengecewakan anda” harus berlaku dua arah. Orang-orang akan berusaha semampu mereka u/ memelihara kepercayaan anda kepada mereka
*orang akan mematuhi orang yg bisa dipercaya dan seorang pemimpin sejati menghormati kepercayaan itu
*u/ menjadi sungguh-sungguh efektif, kepercayaan itu harus berlaku dua arah., para pemimpin harus mempercayai dan menerima orang-orang yg mereka pimpin dan penerimaan seperti itu menuntut toleransi terhadap ketidak sempurnaan. Siapapun bisa memimpin orang-orang yg sempurna

23. Memiliki Landasan Spiritual

*ada satu kebenaran yg tetap bertahan. Semua yg terjadi di dalam sejarah dunia bersandar pada suatu yg bersifat spiritual. Kalau yg spiritual itu kuat, ia menciptakan sejarah, kalau ia lemah ia merusak sejarah
*contoh spritualitas adalah mencakup cinta, kearifan, kelembutan, keperdulian, pengertian, dedikasi, komitmen dsb
*landasan spiritual dalam kehidupan ini memungkinkan kita u/ melihat diri kita sebagai rentan dan untuk merasakan bahwa dalam alam semesta ini ada makhluk dan kekuatan yg lebih tinggi

24. Berkomitmen

*tak dapat dibayangkan seseorang bisa menjadi sukses kalau dia tidak memberikan segala-gala yg dimilikinya dalam permainan kehidupan ini
*berkomitmen thd sesuatu berarti memberikan kepadnya segala yg anda miliki
*Abraham Lincoln “saya melakukan yg terbaik sebisa saya, sebaik-baiknya semampu saya; dan saya berniat u/ terus melakukannya sampai akhir hayat”
*komitmen itu ibarat sumpah kepada sesuatu atau seseorang
*para pemimpin terbaik memiliki komitmen kepada prinsip-prinsip mereka, tujuan-tujuan mereka dan orang-orang yg mereka pimpin
*para karyawan tidak akan memiliki rasa percaya diri atau kesetiaan kepada perusahaan yg komitmennya kepada mereka tidak sampai mendasar

25. Tabah

*dapatkanlah gagasan yg baik dan patuhlah kepadanya. Tekuni dia dan garap dia sampai selesai, dan selesaikan dg baik
*para pemimpin memilikik kepercayaan yg tidak tergoyahkan pada diri mereka sendiri dan itu mereka wujudkan
*para pemimpin besar menaruh kepercayaan kepada diri mereka sendiri dan impian-impian mereka, sekalipun orang-orang lain mengatakan hal itu tak mungkin dilaksanakan. Mereka memiliki kepercayaan diri dan visi u/ menjadiknya suatu kenyataan dan mereka pantang menyerah
*para pemimpin besar dan perusahaan besar tidak pernah puas dg status quo, mereka sangat memikirkan kemajuan, begitu mereka berhenti memikirkan hal tersebut maka tamatlah mereka
*perusahaan-perusahaan yg berkomitmen, dan sungguh-sungguh mau melayani karyawan dan pelnggan mereka akan tetap bertahan u/ waktu yg lama. Begitu anda melangkah masuk kedalam perusahaan itu , anda akan merasakan komitmen itu.

12 Prinsip Universal Perusahaan-Perusahaan Jasa Besar

*menaikan produktifitas sosial adalah tantangan manajemen terbesar
*kepemimpinan yg baik datangnya melalui pelayanan yg baik
*kita bisa berbuat baik kepada diri kita dg berbuat baik kepada orang lain
*seorang pemimpin besar harus sangat peduli kepada orang-orang lain; jujur; penuh semangat; konsisten dan diatas segala-galanya memiliki komitmen. Pemimpin besar tak pernah takut membuat kesalahan, pemimpin besar berbuat yg terbaik dan belajar dari kesalahan-kesalahan dan bergerak maju
*loyalitas adalah faktor yg sangat kuat dalam kehidupan orang-orang dng kita senang kembali ke tempat-tempat dimana kita diterima dg penuh antusiasme dan mengetahui bahwa kita akan memperoleh pelayanan terbaik

1. Pelayanan Lateral

*layanilah orang lain melampui dari yg diharapkannya
*pelayanan lateral adalah dimana pelayanan thd sesama rekan kerja sama pentingnya dan sama diutamakannya dg pelayanan thd para pelanggan, biasa juga disebut “esprit de corps”/team work
*pelayanan lateral berkisar mulai dari membantu rekan kerja yg kerepotan, mengerjakan pekerjaan rekan lain u/ memastikan bahwa pekerjaan itu rampung dg baik
*pelayanan lateral adalah lawan dari ucapan “itu bukan urusanku” adalah kesesiaan u/ sewaktu-waktu mengerjakan tugas karyawan lain
*salah satu kesalahan terbesar yg sebagian orang lakukan yg berakibat buruknya pelayanan adalah mengkotak-kotak pekerjaan orang-orang
*pelatihan lintas tugas (menyeluruh para karyawan belajar melakukan lebih dari satu tugas, sangat bermanfaat. Hal ini memberi para karyawan suatu variasi dalam pelaksanaan pekerjaannya serta peluang u/ tumbuh dan tertantang, tidak hanya terpaku di satu bidang
*menitik beratkan pada pelayanan lateral dalam sebuah organisasi sungguh-sungguh menghasilkan suatu kerjasama tim, dg semua karyawan mengetahui bawaha merka akan saling mendukung dalam melakukan apa yg diperlukan u/ menyelesaikan sesuatu pekerjaan
*”inipun urusan saya juga !”

2. Pemberdayaan

*gagasan yg menjadi popular belakangan adalah bahwa segitiga ini harus dibalikkan dg sang pemimpin perusahaan beradapaling bawah dan karyawan-karyawan “garis depan” dibagian atas
*beberapa perusahaan menyadari bahwa orang-orang


kunci menjadi pemimpin besar, peter burwash