Saturday, May 2, 2009

Kriteria pemimpin

Do’a nabi yahya: meminta keturunan yg diridhai oleh allah. Syarat pemimpin: berpegang kpd ajaran Al-Qur’an; cukup bijak thd persoalan; peduli thd masyarakat kecil; bersih dari perilaku tercela; bertakwa kpd allah; saat kecil berbakti kpd orang tua; tdk pernah berbuat maksiat. Bila ingin dicintai oleh Allah dan rasulnya, maka jalankanlah sunnah rasul.

Umat wajib memilih, jika ada yg memenuhi criteria. Dan haram jika memilih yg tdk memenuhi criteria atau ragu2. dijelaskan oleh nabi SAW:barang siapa meminta jabatan, maka jgn diberikan jabatan. Boleh seorang calon pemimpin menawarkan diri dalam hal tdk calon lain yg kredibel, contoh nabi yusuf yg menawarkan diri menjadi seorang bendahara. Dg tujuan utama untuk mengisi kekosongan, karena kekosongan itu sangat berbahaya.

Golput beda dg tdk memberikan hak suara. Golput berarti tdk memilih karena terjepit. Karenanya dalam melakukan pilihan harus diperhatikan criteria dan kejujuran dan tidak ada yg sempurna. Kalau tidak terpenuhi semuanya, maka jangan tinggalkan semuanya, gunakan yg ada. Strategi memisahkan diri bukan terpecah.. masuk melalui banyak pintu dan pilihan.