Thursday, May 7, 2009

makanan yg halal..

Sebagai kholifah dimuka bumi, manusia harus sanggup menaklukan semua isi bumi.. karenanya seluruh isi bumi dan yg ada diatasnya hokum asalnya halal, kecuali ada dalil yg mengharamkan. benda yg diharamkan dibagi kepada 2 hal. Haram karena dzatnya dan dzatnya tdk haram, tetapi haram untuk memakannya.

Haram karena dzatnya, berarti haram diapakan saja.. dibeli, djual, diberikan apalagi dimakan.. ada 4 hal yg haram karena dzatnya : bangkai, darah yg mengalir, babi (karena ketiganya busuk) dan hewan yg disembelih tdk menyebut nama allah. Hokum makan dan minum menjadi lebih khusus lagi bila merujuk pada hadits nabi saw : “dihalalkan yg baik-baik dan diharamkan yg buruk”.

Hewan yg halal, tetapi haram dimakan. 1) binatang buas yg bertaring, 2) burung2 yg berparuh panjang & bercakar tajam, 3) buruk:keledai, 4) hewan yg keburukannya sdh popular:tikus, 5) diperintah u membunuhnya, 6) jelas2 mengkonsumsi bangkai, 7) keburukannya sdh meluas, 8) dagingnya membahayakan tubuh.

Klw hewan tsb meragukan kematiannya, sebaiknya jgn dikonsumsi.. contoh burung yg tertembak, kemudian tenggelam disungai (mungkin mati karena peluru atau tenggelam). Pada perang khaibar, nabi saw melarang sahabat memakan keledai kampong (sebagian ulama mengartikan, dilarang karena keledai tsb adalah ghonimah yg belum dibagi sehingga blm jelas kepemilkannya).

Kuda mulai ditunggang oleh manusia sejak jaman nabi ismal as. Hewan yg tidak disukai/selerai oleh nabi tp boleh dimakan adalah belalang. 2 Bangkai yg halan dimakan adalah ikan dan belalang, sedang 2 darah yg halal dimakan adalah jantung dan hati. Contong lain binatang yg mungkin tdk disukai tp dihalalkan adalah biawak.

Tidak ada larangan memelihara anjing, karena anjing tdk diharamkan. Hanya saja tiga hal yang menghalangi malaikat rahmat masuk ke dalam rumah : anjing, orang yg junub dan belum bersuci, gambar yg bergantungan di dinding.. sementara yg rahmat adalah hal yg sangat pokok dlm kehidupan manusia..

Bila ada ular hitam didalam rumah, jangan dibunuh, tapi usirlah, karena bisa saja itu adalah jelmaan setan.. ular hitam atau anjing hitam..