Thursday, May 7, 2009

Sifat kaum muslimin..

Setiap orang yg mengaku beriman, pasti diuji keimanannya.. dan sebagai mukmin, sdh seharusnya mengatakan yg hak adalah hak, walau didepan raja yg zalim.. dan semoga kita semua berharap mati dlm keadaan khusnul khotimah..
Fitnah yg datang kpd kita adalah ujian.. karena nya juga kita perlu yakin bahwa ajal ada di tanggan allah, begitu pula rezeki.. agar orientasi dpt menahan konsistensi iman kpd allah, berikut beberapa sifat yg harus dimiliki oleh setiap muslim :1) keimanan yg mendalam, 2) keikhlasan, 3) sabar, 4) optimisme..
Cirri-ciri ikhlas : amalnya tdk terputus, walau dipuji/dicaci, dlm kondisi senang/susah. Kita harus bertekad u memperbaiki diri, melaksanakannya dan bertawakal (usaha dan doa)..
Kebersamaan dg allah menjadi kunci kebahagiaan dunia & akhirat. Iman yg kuat, itiba’ kpd nabi saw, kemudian bertawakalah agar amal kita diterima.. juga jgn lupa untuk memperbaharui iman dari waktu ke waktu..
Pujian itu sering menyesatkan.. membuka peluang setan masuk ke dalam diri, karenanya jika kita akan memuji seseorang, jangan didepan org tsb.. dalam islam.. pemimpin perlu mengapresiasi pasukannya.. sedangkan sbg bawahan, bawahan harus berusaha menghilangkan sifat riya’ dan hanya berharap segala amal ibadahnya mendapatkan ridha dari allah swt.
Sabar tak ada batasnya.. tapi ada tempatnya.. muslim yg baik harus berjuang saat dirinya teraniaya.. tdk hanya diam dan bersabar.. dalam menyampaik syi’ar islam kedalam ekosistem yg universal, maka hendaknya menggunakan bahasa yg universal pula.. agar mudah dipahami dan juga bisa masuk k dalam wilayah2 yg sulit dijangkau oleh bahasa islam, tp subsitansi tetap sama..

Ref : 163:7, 9:51, 7:34, 65:3, 17:30, 67:21, 58:7