Tuesday, May 5, 2009

Sumber2 kekuatan muslim

Sumber-sumber kekuatan muslim :
Sholat (untuk diri sendiri)
Zakat (untuk social)

Setiap manusia ditiupkan oleh Allah takwa dan keburukan dan manusia bisa berikhtiar dan memilih mana yg dia akan kerjakan. Karenanya untuk mendapatkan sumber kekuatan, kita harus datang kepada allah. Masuk islamlah dg kaffah, jangan setengah-setengah, walau kadang-kala sulit dirasionalisasikan dg pikiran kita yg sangat sempit, jalankan perintah allah dg yakin dan mengharap ridhanya. Amal itu biasanya berat diawal. Kita tdk mungkin mencapai ketakwaan yg baik, jika kita tdk dekat kpd allah(mendekati allah).

Setan menggoda manusia dari depan, kanan, kiri dan belakang. Dari didepan manusia digoda untuk ragu–ragu & tdk percaya dg hari akhir (dianggap hal yg unlogic). Dari belakang digoda dg hubbud dunya (cinta dunia dan takut mati). Dari kanan digoda dg mengabaikan perintah allah. Dari kiri digoda dg berbuat maksiat. Setan selalu menggangu hati untuk menjadi ragu-ragu. Setan membisiki kita untuk selalu was-was, dan kita harus mengikrarkan untuk memusuhi setan. Mungkin salah satu contohnya adalah hati yg tdk pernah khusu’ baik dlm sholat ataupun dlm kehidupan.

Hadits qudsi : adalah perkataan allah yg disampaikan oleh nabi SAW dg cara nabi SAW, dan ulama ijtihad bersepakat tdk dikategorikan dlm ayat Al-Qur’an. Biasanya datang lewat media mimpi, tdk tidak memberikan larangan atau kewajiban, tetapi kebanyakan menghimbau.

Ilmu terbaik bukanla h ilmu yg diketahui, tetapi ilmu yg diamalkan. Dan setiap amal perbuatan akan dipertanggungjawabkan oleh setiap pribadi. Gunakanlah kehidupan dunia untuk mendapatkan kebahagiaan di akhirat, letakkan dunia di dalam genggaman tanganmu, bukan di dalam hatimu. Mukmin : jika ia mendapatkan duni, ia bersyukur, jika belum ia dapatkan maka hatinya bersabar. Boleh kita cemburu terhadap kebaikan seseorang, untuk menirunya, contoh dlm hal ketakwaan dan keilmuan. Diammnya mukmin itu kemuliaan, diamnya org yg bodoh itu rahasia allah.

Zakat profesi disepakati ulama adalah perbulan (OKI th 1994) dg mengqiyaskan ke pertanian. Urutan rujukan : al-qur’an, al-hadits, qiyas(mendekatkan/mengikutkan). Zakat pertanian 5-10 % x 540 kg, zakat emas 86 gr.

Ref : An-Nas, 17:10, 23:37, 89:23-26, 2:110-112, 2:208, 36:65, 28:77, 2:231; 35:8, 7:17