Wednesday, July 29, 2009

7 Prinsip Manajemen Waktu yg Kreatif

1 Selalulah Aktif Bukan Reaktif
*buat keputusan2 aktif tentang begaimana anda menghabiskan waktu anda
*tentukan apa saja yang penting bagi anda dan katakan “tidak” terhadap segala sesuatu yang bertentangan

2 Tentukan Sasaran
*sasaran : jam, harian, mingguan, tahunan dan jangka panjang

3 Tentukan Prioritas dlm Tindakan Anda
*menentukan prioritas berarti menciptakan sebuah rencana
pelaksanaan, menciptakan sasaran khusus untuk setiap hari, setiap jam, dan lalu menyelesaikan setiap tugas sebelum mulai dengan tugas berikutnya=> akan membantu menanggulangi gejala”saya mengerjakan terlalu banyak tugas sekaligus”
*menentukan prioritas mungkin menegangkan, karena brarti mendahulukan orang2 atau hal2 tertentu dari pada yang lainnya

4 Pertahankan Fokus Anda
*memaksimalkan produktifitas anda dengan berkonsentrasi pada satu proyek yang utama satu persatu dan dilakukan dengan seluruh kemampuan
-bagilah sasaran anda dalam bentuk kata benda/kerja (hanya dua kata)
-ingin menyelesaikan terlalu banyak sasara sekaligus dan menangani terlalu banyak tuntutan terhadap anda secara serempak akan menjerumuskan direi anda dalam kegagalan satu sasaran ke sasaran lainnya
-setelah membuat keputusan atas pronsip kata benda/kerja, pertimbangkan tindakan yang perlu diambil untuk membantu anda mencapai sasaran
-setelah menetukan sasaran dan prioritas tindakan anda, pantaulah perkembangannya hingga proyek itu selesai

5 Ciptakan Tenggat Waktu yg Realistis
*perkirakan waktu yang dibutuhkan, berdasarkan pengalaman atau dugaan realistis
*tenggat waktu terutama bila realistis membantu anda tetap focus pada sasaaran jangka panjang, terutama pada prioritas jangka pendek
*tenggat waktu jangan ditakuti, tetapi disambut

6 Lakukan Sekarang(DO IT NOW)
*abaikan gangguan2 yang mengalihkan perhatian
D=Devide =bagilah dan kuasailah apa yang harus anda lakukan, bagilah tugas2 besar menjadi tugas2 kecil yg realistis
O=Organize =aturlah bahan2 anda, bagaimana anda akan melakukannya
I=Ignore =abaikan gangguan2 yg mengalihkan perhatian
T=Take =ambil kesempatan u/ mengetahui bagaimana melakukan segalanya seorang diri
N=Now =sekarang, bukan besok. Jangan menunda
O=Opportunity=kesempatan mengetuk pintu anda, ambil keuntunan dari kesempatan itu
W=Watch Out =waspada akan pemakan waktu, pantau awasi terus (internet, membaca dan mengirim e-mail, tv dan telepon dsb)

7 Seimbangkan Hidup Anda
*menciptakan waktu u/ diri sendiri dan orang2 yang anda kasihi (keluarga, teman dsb)
*manajemen waktu tidak hanya diterapkan dalam pekerjaan, tetapi juga dalam begaul dan beraktifitas mengisi waktu luang
Waktu yang hilang tidak akan dapat ditemukan kembaliCiri-ciri orang yang kreatif :
a. membuat rencana jangka pendek, menengah dan panjang
b. tetapkan dan ikuti jadwal yang realistis
c. ambil waktu istirahat yang efisien dan tepat waktu
d. memandang tugas-tugas yang harus dilaksanakan sebagai kesempatan bukan kewajiban yang harus ditakuti
manfaat manajemen waktu :
a. mengendalikan hidup
b. mengalami lebih sedikit stress
c. lebih santai
d. lebih produktif
e. merasakan kepuasan diri
f. hidup lebih lama
· bekerja efektif bukan berarti bekerja lebih lama atau lebih berat
· waktu adalah uangsepuluh (10) hambatan mengatur waktu :
a. mengerjakan terlalu banyak hal sekaligus
*daftar pekerjaan (prioritas, fokus, sistematis)
b. ketidak mampuan untuk berkata tidak
*berlatih mengatakan tidak, dengan ramah, lembut dan positif
*katakana “tidak bukan ini, tetapi .. . . .(ada kesempatan)
c. penundaan
*jadikan hal yang ditunda sebagai tugas pertama
*penundaan kreatif (kerjakan tugas yang berhubungan dengan tujuan)
d. pekerjaan tulis menulis
*pilah kertas dan jangan menumpuknya
e. pengaruh telepon dan telivisi
*catat berapa waktu u/ tugas dan waktu u/ tontonan favorite
*jadwalkan waktu u/ menelpon
*tontonlah secara selektif
f. kegagalan dalam menentukan prioritas
*luangkan waktu untuk menganalisa tingkat prioritas
g. waktu pulang, pergi dan perjalanan
*rencanakan perjalanan
*isi dengan kegiatan yang berhubungan dengan tujuan perjalanan
*bawa catatan
*gunakan perjalanan, sebgai rekreasi (musik) mengurangi stress, tidur, bersosialisasi, membaca, melamun, meditasi dan berfikir
h. mengeluh (menyia-nyiakan waktu dan menciptakan kesan negatif)
i. alasan-alasan (catat alasan yg dipakai agar tidak diulangi lagi)
j. selalu ingin sempurna
Teknik manajemen waktu :
menetapkan prioritas
a. memilah tugas besar menjadi bagian lebih kecil
b. mampu mengatakan tidak
c. tidak mengerjakan banyak hal sekaligus
*bekerjalah dengan efektif, efisien dan kreatif

7 prinsip manajemen waktu yg kratif, dr. jan yager