Saturday, August 22, 2009

Skill with People

*manusia belajar & membeli karena : 83 % pengelihatan; 11 % pendengaran; 3.5 % penciuman; 1.5 % sentuhan; 1 % rasa
*manusia mengingat informasi : 10 % dg membaca; 20 % dg mendengar; 30 % dg melihat; 50 % dg melihat & mendengar; 70 % berkata saat berbicara; 90 % berkata saat melakukan
*daya ingat manusia dalam 3 jam : diberitahu = 70 %; diperlihatkan = 72 %; diberitahu & diperlihatkan = 85 %
*daya ingat manusia dalam 3 hari : diberitahu = 10 %; diperlihatkan = 20 %; diberitahu & diperlihatkan = 65 %
*kita harus dapat mengenali kodrat manusia dg mengenali dan mengakui orang sebagai mana adanya, bukan yg anda pikirkan atau inginkan
* orang terutama tertarik pada diri mereka sendiri, bukan pada anda

· Berbicara dg Orang

1. diri mereka
2. singkirkan kata saya, aku, milikku, ganti dg kata “anda” & “milik anda”
3. memancing mereka u/ bicara ttg diri mereka

· Membuat Orang Merasa Penting

*semakin seorang merasa penting semakin besar tanggapan mereka terhadap anda
*bagi orang lain, dia sama pentingnya dirinya seperti anda penting bagi diri anda
*cara membuat orang merasa penting :
1. dengarkan mereka
2. pujilah dan hargailah mereka
3. gunakan nama dan foto mereka sesering mungkin
4. berhenti sejenak sebelum anda menjawab mereka (seakan anda memikirkannya)
5. gunakan kata-kata mereka “anda” & “milik anda”
6. sambutlah orang yang menunggu u/ bertemu dg anda (buat ia tahu bahwa, anda tahu ia sedang menunggu anda)
7. perhatikan setiap orang dalam kelompok

· Menyetujui Pendapat Orang Lain

1. berfikir u/ menyetujui, setuju dg orang lain
2. katakan bahwa anda setuju (ucapan/anggukan)
3. jangan katakan tidak setuju, kecuali mutlak perlu
4. akuilah bila anda salah
5. jangan berdebat
6. tangani orang yang ingin berkelahi dg tepat (tolak berkelahi)
*orang menyukai orang yang setuju dg mereka

· Mendengarkan Orang Lain

1. tatap orang yg bicara
2. condongkan badan ke sipembicara & dengarkan dg penuh perhatian
3. ajukan pertanyaan ( karena anda sedang mendengarkan mereka
4. )
5. ikutilah topik si pembicara & jangan memotong
6. gunakan kata-kata si pembicara “anda” & “milik anda”

· Mempengaruhi Orang Lain

*ketahuilah apa yang mereka cari, apa yang mereka suka, maka anda akan dapat menggerakkan mereka dg menyatakan hal-hal yang ingin mereka dengar. Anda hanya menunjukan bagaimana mereka bisa mendapatkan apa yang mereka inginkan dg melakukan apa yang anda ingin mereka lakukan. Dengan metode : mendengar; bertanya; melihat + berusaha u/ mengetahi

· Meyakinkan Orang Lain

*tidak membuat pernyataan secara langsung, melainkan mengutip seseorang
*biarkan orang lain membuat penyataan itu u/ anda, sekalipun ia tidak hadir
*orang bersikap skeptis pada anda & apa yg anda katakan bila anda mengatakan hal-hal yg sifatnya menguntungkan diri anda
*bicaralah lewat orang ketiga

· Membuat Orang Mengatakan “Ya!”

1. berilah orang lain alasan u/ mengatakan “ya” kepada anda (alasan yg anda berikan adalah alasan mereka : alasan yg menguntungkan mereka), katakan pada orang bagaimana mereka akan beruntung dg melakukan apa yang anda ingin mereka lakukan
2. ajukan pertanyaan “Ya!” (pertanyaan yg hanya dpt dijawab dg “Ya!”), anggukan kepada saat anda mengajukan pertanyaan
3. berilah orang lain pilihan diantara 2 “Ya!” (membuat orang lain memilih u/ mengatakan “Ya!” kepada anda dg “cara ini” atau “cara itu”)
4. mengaharapkan orang menyatakan “Ya!” kepada anda & biarkan mereka tahu, mereka diharapkan u/ mengatakan “Ya!”

· Menentukan Suasana Hati Seseorang

*beberapa detik pertama sangat menentukan suasana & sifat hubungan
*orang sangat condong u/ menanggapi dg baik/responsif prilaku orang lain (prilaku baik/buruk)
*berikan senyum tulus anda pada orang saat kontak mata pertama
*apa yg kita akibatkan pada orang lain, kita akan mendapatkan balasan dari mereka

· Memuji Orang

*bermurah hatilah dg pujian anda
*carilah seseorang & sesuatu u/ dipuji
* cara memuji (terapi ) :
1. pujian harus tulus
2. biasakanlah u/ setiap hari mengatakan 1 hal yg baik kpd setidaknya 3 orang yang berbeda (resep kebahagiaan)

· Mengkritik Orang Lain

*Kritik adalah tindakan u/ koreksi
*tujuh kiat mengkritik :
1. jangan mengkritik dimuka umum (tidak ada orang lain)
2. mulailah kritik dg pujian yang baik (ciptakan suasana bersahabat u/ memperlunak “pukulan”
3. kritiklah perbuatannya, bukan orangnya (impersonal)
4. sediakan jawaban (cara yang benar)
5. mintalah kerjasama, jangan menuntutnya
6. satu kritikan u/ satu pelanggaran
7. akhiri kritik dg perkataan yang bersahabat

· Berterima Kasih Pada Orang

*seni berterima kasih :
1. ketika anda mengatakan terima kasih, katakan dg sungguh-sungguh (bersikaplah tulus, karena mereka mengetahui anda tulus atau tidak)
2. katakan dg jelas & tanpa ragu (seolah anda senang menyatakannya)
3. pandanglah orang yang anda ucapkan terima kasih
4. sebutlah namanya saat berterima kasih (memberi nuansa pribadi)
5. bekerjalah dg berterima kasih kepada orang

· Menciptakan Kesan Baik

*pandangan orang sangat ditentukan oleh cara kita membawa diri kita, bertingkah lakulah dg baik & mengesankan
*banggalah thd diri anda, anda adalah anda, jadi kendalikanlah diri anda dg bangga & hormat
*cara menciptakan kesan baik :
1. bersikap tulus
2. tunjukan antusiasme (antusiasme itu menular)
3. jangan terlalu cemas (orang cenderung menolak/mencegah perbuatan, bila mereka rasa anda terlalu “berapi-api” = mereka curiga)
4. jangan berusaha membangun diri anda dg menghambat orang lain (bergantunglah pada kemampuan & kualitas diri anda)
5. jangan memukul siapapun atau apapun (jadilah pintar & luwes)

· Melakukan Percakapan

*peraturan :
b. ketahuilah apa yang anda ingin katakan
c. katakanlah & duduklah (singkat, lansung kepokok & lupakan menjadi pemenang)
d. pandanglah pendengar sewaktu anda berbicara (mereka adalah orang yang berharga)
e. bicarakanlah apa yang menarik minat pendengar (minat pendengar,bukan minat anda)
f. bersikaplah alamiah, wajar & natural (jadilah diri sendiri)
*ilmu sendiri tidaklah mempunyai nilai, penggunaan ilmu itulah yang membuatnya bernilai

skill with people, les giblin